Januari 29, 2022

KULINER SINJAI : SANG IJO

Telah di Baca : 374
0 0
Waktu Membaca:1 Minute, 46 Second

Pisang Ijo ala Sang Ijo yang gurih manis merupakan Jajanan Kuliner Khas Sinjai yang Wajib anda Coba. Pisang Ijo ala Sang Ijo yang manis dan Gurih ini punya fakta menarik.

 

 

Sajian khas Pisang Ijo ala Sang Ijo ini, sesuai dengan namanya berupa bubur sumsum yang disajikan dengan pisang berbalut adonan berwarna hijau. Kemudian disiram Adonan Tepung &  santan, dikucuri sirup merah, ditambah Susu dan diberi es batu.

 

Meski Jajanan ini awalnya berasal dari Makassar, tetapi Pisang Ijo ala Sang Ijo ini sangat populer di Sinjai dan Sekitarnya. Bahkan saking populernya, es pisang ijo menjadi menu takjil untuk berbuka puasa pada Ramadhan lalu yang selalu diburu banyak orang.

Dibalik kelezatan dan kepopulerannya, Pisang Ijo ala Sang Ijo menyimpan fakta menarik yang mungkin belum diketahui orang banyak. Seperti cerita awal mula tercipta, filosofi hingga jadi ikon kuliner Sulawesi Selatan.

Berdasarkan cerita masyarakat, pada zaman dahulu ada seorang Raja yang terkenal bengis. Bahkan ia tak segan-segan untuk membunuh rakyatnya yang melakukan kesalahan. Suatu hari, juru masak kerajaan yang bernama Ijo melakukan kesalahan.

Makanan Raja yang disajikan Ijo disebut tak enak. Karenanya Raja mengancam akan membunuh Ijo. Namun, Ijo minta kesempatan sekali lagi untuk menghidangkan makanan yang dijamin lezat sebagai pengampunan.

Saat itulah Ijo membuat kudapan yang sekarang dikenal dengan sebutan es pisang ijo. Ia mengolah pisang karena pisang merupakan buah kesukaan Raja. Saat disajikan Raja sangat terkesan dengan rasanya yang lezat. Semenjak itu Raja tersebut memberi nama ‘Es Pisang Ijo’.

Selain memiliki cerita menarik dibalik awal mula tercipta, es pisang ijo juga memiliki filosofi dan makna yang mendalam bagi masyarakat Makassar. Sesuai dengan namanya, es pisang ijo memiliki adonan berwarna hijau pada balutan pisang.

 

 

Warna hijau tersebut melambangkan malabbiri atau keanggunan, sopan santun, dan bertutur elok. Tak hanya itu, warna hijau juga merupakan salah satu warna yang dianggap sakral dan suci bagi masyarakat Makassar.

Warna hijau pada balutan pisang di es pisang ijo dapat membawa rasa damai dan sejuk bagi siapa pun yang melihatnya. Namun, sekarang es pisang ijo banyak dikreasikan dengan warna-warni seperti ungu, merah dan kuning.

 

ANDA BERMINAT HUBUNGI :

FACEBOOK  ; SANGG IJO

INSTAGRAM: @sangijoo

WHATSAPP  : SANG IJO

Happy
0
Excited
0
Sleepy
0
Angry
0
Surprise
0
%d blogger menyukai ini: